diposkan pada : 19-03-2020 15:37:49 Mengenal Asmaul Husna

Asmaul Husna: Kedudukan, Manfaat, Pentingnya Mengenal Asmaul husna


                        Manfaat menyimak dan menghafalkan asmaul husna – Sebagai seorang muslim yang mendekap agama Islam pastinya Anda telah tidak asing dan bahkan mengenal Asmaul Husna. Ya, Asmaul Husna dapat dikatakan sebagai nama-nama Allah yang agung dimana ada 99 nama yang wajib guna diketahui.

Dari 99 nama Allah ini menjadi bukti bahwa melulu Allah lah zat yang maha agung dan tempat masing-masing hamba-Nya guna meminta dan tempat untuk hamba-Nya guna kembali. Dengan menyimak Asmaul Husna pun menjadi salah satu teknik mendekatkan diri untuk Allah.

Tidak melulu itu saja, orang yang menyimak Asmaul Husna pun akan mendapatkan kebajikan dan perlindungan dari Allah. Karena itu, sebagai umat Islam telah sepatutnya mengenal dan belajar mengenai nama-nama Allah yang agung ini.

Nah, kali ini Anda bakal mendapatkan informasi menyeluruh seputar apa sih yang dimaksud dengan Asmaul Husna dan lainnya. Mau tahu laksana apa informasinya, yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Pentingnya Mengenal Asmaul Husna

Sebagai umat muslim, memahami dan mengenal Asmaul Husna ini ialah hal yang paling penting. Ada beberapa dalil yang menciptakan asma Allah ini mesti diketahui. Mau tahu apa saja, langsung saja simak selengkapnya di bawah ini.

Pertama, Asmaul Husna ialah sebuah ilmu yang membicarakan tentang sifat-sifat Allah dimana ini menjadi salah satu format ilmu yang mulia dan sangat utama bahkan, ilmu ini pun mempunyai derajat yang sangat tinggi kedudukannya. Bahkan, dengan menyimak dan mengetahui nama-nama Allah ini pun menjadi salah satu format meningkatkan keimanan insan sebagai seorang hamba.

Sebab, masing-masing muslim tentu tahu andai apa saja yang sehubungan dengan Allah ialah hal yang utama dikomparasikan dengan segala ilmu. Karena tersebut juga dengan melaksanakan Asmaul Husna menjadi sebagai salah satu format amalan yang sangat mulia.

Kedua, dengan mengetahui dan mengenal nama dan sifat Allah membuat insan menjadi semakin cinta untuk Rabbnya. Bahkan, Anda pun akan selalu memuliakan nama-nama Allah. Bahkan, Anda pun akan mempunyai sifat yang tidak jarang kali takut ketika melakukan dosa.

Sebab, saat seseorang mempunyai pengetahuan yang mendalam, maka ia akan tidak jarang kali memohon dan meminta untuk Allah zat yang maha pemberi. Bahkan, hamba tersebut pun akan tidak jarang kali tunduk dan patuh dengan perintahnya dan menjauhi larangan-Nya.

Sedangkan yang ketiga dengan mengetahui dan memahami nama serta sifat-sifat Allah menjadi salah satu format dasar iman insan sebagai seorang hamba. Dengan mengetahui menciptakan iman seorang hambat menjadi semakin meningkat lagipula jika diperbanyak dengan beribadah untuk Allah dengan rajin.

Kedudukan Asmaul Husna dan sifatnya

Belajar dan mau mengetahui Asmaul Husna menjadi salah satu format ilmu yang mulia dan menjadi di antara al Akbar. Memahami ilmu ini pun menjadi salah satu format usaha yang sangat baik yang dilaksanakan oleh manusia.
Bahkan, urusan ini pun menjadi salah satu format puncak yang di ributkan oleh manusia saat di akhir hayatnya.

Asmaul Husna pun menjadi pondasi yang sangat penting supaya manusia dapat menuju ke Allah. Dengan menyukai Asmaul Husna, maka urusan ini juga dapat dijadikan sebagai salah satu teknik untuk meraih cinta Allah. Ibarat seperti suatu bangunan, saat pandainya diciptakan kokoh maka bangunan tersebut pun sangat pokok.

Sama halnya dengan seseorang yang mempunyai pondasi agama yang kuat, maka ia pun akan menjadi manusia yang tidak jarang kali kuat dalam menghadapi guncangan dan ujian hidup. Hal ini juga diterangkan dalam surat At-Taubah ayat 109 dimana Allah berfirman, “Maka apakah orang-orang yang menegakkan masjid tidak sedikit bertaqwa untuk Allah serta keridahan-nya tersebut yang baik, ataukah mereka yang menegakkan bangunan di ambang jurang yang runtuh.

Kemudian bangunan itu jatuh bersama-sama dengan dia ke dalam neraka jahanam. Allah tidak bakal pernah menyerahkan petunjuk untuk orang-orang yang zalim”. Sebagai seorang manusia, pondasi yang sangat baik dalam menjalani hidup ialah amal yang baik.

Ketika seseorang mempunyai amal yang baik, maka ia bakal kuat dari sekian banyak  macam godaan yang menerjang kehidupannya. Adapun di antara pondasi mula untuk dapat mengenal Allah ialah dengan memahami nama serta sifat-sifat Allah.

Kemudian manusia pun harus tunduk dan patuh dengan perintah Allah serta Rasulnya. Hal berikut yang mesti di bina oleh masing-masing muslim sebagai pondasi utamanya.

Manfaat Menghafalkan serta Membaca Asmaul Husna

Bagi seorang muslim, tidak bakal ada ruginya menyimak dan menghafalkan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan urusan ini malah memberikan tidak sedikit manfaat. Mau tahu apa saja manfaatnya? Yuk langsung saja simak selengkapnya di bawah ini:
1. Mencerdaskan Otak

Dengan menyimak ataupun menghafalkan Asmaul Husna ternyata dapat mencerdaskan benak lho. Sebab, Asmaul Husna adalahnutrisi yang sangat baik untuk benak manusia. Bahkan, nama Allah ini juga dapat menyeimbangkan antara benak kanan dan benak kiri manusia.

Bahkan, di dalam Asmaul Husna pun ada nama-nama Allah yang membicarakan tentang kepintaran serta kepintaran. Misalnya saja laksana Al Ilmu, Al Hakim, Al Aliyyu yang mana nama-nama diatas mengindikasikan kecerdasan.
2. Membuka Pintu Rezeki

Ketika mengharapkan sesuatu, maka insan harus berjuang untuk mendapatkannya. Namun, usaha tersebut pun tentunya mesti diiringi dengan dia. Salah satu metodenya dengan menyimak dan menghafalkan Asmaul Husna. Sebab, dengan menyimak Asmaul Husna ternyata juga dapat melancarkan rezeki lho.

Tentunya menyimak saja tidak cukup, namun pun harus diiringi dengan usaha supaya apa yang diinginkan dapat terwujud.
3. Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT

Manusia ialah makhluk ciptaan Allah yang tidak pernah luput dari salah dan khilaf. Karena itu, sebagai umat muslim yang baik telah sepatutnya tidak jarang kali meminta ampun untuk Allah.

Dengan menyimak Asmaul Husna secara teratur juga dapat digunakan sebagai salah satu teknik untuk meringankan dosa dan kekeliruan yang telah dibuat. Sebab, Allah mempunyai nama Al-Affuyu yang mempunyai makna Maha Pemberi Ampun.
4. Mengendalikan Hawa Nafsu

Membaca Asmaul Husna juga dapat mengendalikan hawa nafsu lho. Hal ini tentunya menilik bahwa manusia ialah salah satu makhluk yang mempunyai nafsu dan akal. Saat seseorang tidak dapat mengendalikan nafsunya sendiri, maka ia akan mengerjakan hal-hal yang negatif dan pastinya merugikan.

Oleh karena itu, guna mengendalikan hawa nafsu dapat dilakukan dengan teknik sering menyimak Asmaul Husna. Sebab, dengan menyimak nama-nama Allah dapat dijadikan sebagai salah satu teknik untuk mengendalikan nafsu manusia.
5. Mencegah Sifat Lupa

Manusia ialah tempatnya lupa. Namun, tahukah Anda andai sifat tak sempat yang dipunyai oleh manusia dapat dihindari, di antara caranya ialah dengan menyimak Asmaul Husna. Apalagi guna Anda yang tidak jarang lupa, jajaki baca saja Asmaul Husna ini secara teratur dengan niat sebab Allah, insya Allah Anda bakal terhindar dari sifat lupa.

Manfaat 99 Asmaul Husna yang dapat Anda tahu

1. Ar – Rahman الرحمن (Maha Pemurah)

Ar Rahman artinya ialah Maha Pemurah. Artinya bahwa Allah ialah zat yang maha dermawan dan tidak terdapat yang lebih pemurah dikomparasikan Allah. Dengan menyimak Ar Rahman sejumlah 100 kali sesudah Anda mengemban salat fardhu. Maka Anda bakal mendapatkan guna yakni dihindarkan dari sifat tak sempat dan lalai dalam hidupnya.
2. Ar – Rahiim الرحيم (Maha Penyayang)

Ar Rahim memiliki makna yang Maha penyayang. Ya.Allah ialah zat yang Maha Penyayang untuk semua makhluknya. Bahkan, keutamaan dari menyimak Ar rahim ialah ia tidak bakal terjerumus dari tindakan yang tidak disukai. Bagi itu, baca Ar- Rahman Ar Rahim sejumlah 100 kali setelah mengemban salah fardhu.
3. Nama Al – Malik الملك (Maharaja)

Al-Malik dengan kata lain yang Maha Merajai. Manfaat menyimak Al-alik ialah sia bakal mempunyai hati yang bersih dan terhindar dari segala macam kotoran. Baca nama Allah ini sejumlah 100 kali di masa-masa matahari tergelincir.
4. Al – Qudduus القدوس (Maha Suci)

Al-Qudduus artinya ialah yang Maha Suci. Jika Anda hendak mempunyai sebuah hati yang bersih, maka dengan menyimak Al-Qudddus masing-masing hari sejumlah 100 kali. Maka hati dan benak Anda bakal terbebas dari yang namanya kekhawatiran, kesulitan, serta penderitaan.

Sebab, Allah ialah yang Maha Suci, melulu Dia yang bakal mengobati segala penyakit hati masing-masing hambanya. Caranya ialah dengan menyimak nama-nama Allah masing-masing harinya.
5. As – Salam السلام (Maha Sejahtera, Yang Memberikan Kesejahteraan)

As- Salam memiliki makna yang maha Sejahtera atau yang Maha Memberikan Kesejahteraan. Dalam urusan ini Asmaul Husna ini memiliki faedah yang mana dapat menangkal dan mengenyahkan bencana serta penyakit. Dengan menyimak As-Salam sejumlah 120 kali, Allah bakal menyembuhkan penyakitnya sebelum ajalnya tiba.

Sedangkan andai As-Salam ini dibaca sejumlah 136 kali dengan memakai suara yang keras dan dapat didengar oleh yang sakit dengan mengusung kedua tangannya. Insya Allah sakit yang diderita bakal sembuh.
6. Al – Mu’min المؤمن (Maha Mengaruniakan Keamanan)

Al-Mu’min artinya ialah yang Maha Mengaruniakan Keamanan. Artinya ialah hanya Allahlah yang dapat memberikan ketenteraman se utuhnya untuk hambanya. Jika Anda menyimak nama Allah Al-Mu’min ini sejumlah 630 kali terutama ketika Anda merasa ketakutan.

Maka Allah akan mengayomi Anda dari yang namanya bencana, kerugian dan kecelakaan. Bahkan, andai Ada menyebutkan nama Allah ini pada selembar kertas, mengukirnya pada cincin perak dan lantas menggunakannya secara ta’wiz. Maka Allah akan menyerahkan keselamatan fisik dan rohani baginya.
7. Al – Muhaimin المهيمن (Maha Memelihara, Yang Maha Melindungi)

Manfaat menyimak Asmaul Husna Al – Muhamimin sejumlah 100 kali setelah mengemban mandi atau salat dua rakaat di lokasi yang sunyi. Maka Allah bakal menyucikan bermunculan dan batin orang tersebut. Sedangkan andai nama Allah ini dibaca 115 kali, maka Allah akan menunjukkan hal yang ghaib untuk orang tersebut.
8. Al – ‘Aziiz العزيز (Maha Perkasa)

Al – Aziz memiliki makna yang maha Perkasa. Keistimewaan menyimak asma Allah yang satu ini pada ketika berzikir sejumlah 40 kali dan sesama 40 hari berturut-turut. Maka Allah akan membantu dan memberikan keagungan kepadanya. Sehingga orang itu tidak memerlukan lagi pertolongan makhluk lain.
9. Al – Jabbaar الجبار (Yang Maha Berkuasa, Maha Memaksa)

Barang siapa yang menyimak Al-Jabbar sejumlah 21 kali di masa-masa pagi dan sore. Maka Allah bakal menghindarkan ancaman-ancaman orang zalim kepadanya.
10. Al – Mutakabbir المتكبر (Maha Megah, Yang Mempunyai Keagungan dan Kesombongan)

Dengan menyimak asma Allah ini sejumlah 10 kali sebelum bersenggama dengan istrinya. Maka Allah akan menyerahkan anak yang solih. Sedangkan guna orang yang mau menyimak asma Allah ini dengan istiqamah. Maka Allah bakal memberikan keagungan yang agung kepadanya.
11. Al – Khaaliq الخالق (Maha Pencipta)

Barang siapa yang menyimak nama Allah ini di masa-masa tengah malam dengan mengetahui makna dalam hatinya. Maka Allah akan membuat seorang malaikat secara eksklusif dan bakal mendatangkannya di akhir zaman. Bahkan, Allah pun akan menerangi hati dan wajahnya.
12. Al – Baari’ البارئ (Maha Mengadakan, Yang Merencanakan Segala Sesuatu)

Wanita yang mandul dan mau berjuang selama 7 hari dan ada ketika berbuka meminum air dari bacaan Asmaul Husna ini sejumlah 21 kali. Maka Allah akan menganugerahkan anak laki-laki kepadanya, Insya Allah.
13. Al – Mushawwir المصور (Maha Pembentuk)

Sama laksana Al-Bari, menyimak Al Mushawir pun akan memberikan guna akan diserahkan anak.

14. Al – Ghaffaar الغفار (Maha Pengampun)

Al-Ghaffaar artinya ialah yang Maha Pengampun. Barang siapa yang menyimak asma Allah ini sejumlah 100 kali usai Salah jum’at maka Allah akan memaafkan segala dosanya sekitar satu minggu sebelumnya. Bahkan, ketika marah menyimak asma Allah ini, maka Allah bakal meredakan amarah tersebut.
15. Al – Qahhaar القهار (Maha Mengalahkan)

Dengan menyimak asma Allah yang ini, maka Allah akan melepaskan dirinya dari hawa nafsu dan hasrat keduniawian.
16. Al – Wahhaab الوهاب (Maha Pemberi)

Ketika Ada ditimpa dengan kemiskinan, maka Anda dapat membaca atau menyebutkan asma Allah ini dan dipakai sebagai ta’wiz. Atau kita membacanya sejumlah 40 kali di dalam sujud salat duha. Maka Allah bakal membebaskan anda dari kemiskinan dengan jalan yang tak terduga.
17. Ar – Razzaaq الرزاق (Maha Pemberi Rezeki)

Dengan menyimak Asmaul Husna Ar-Razzaq, sejumlah 10 kali di keempat sudut lokasi tinggal yang dibuka dengan sudut kanan dan menghadap ke arah kiblat. Maka Allah bakal menambahkan rezeki untuk keluarganya.
18. Al – Fattaah الفتاح (Maha Pembuka, Yang Menghilangkan Kesulitan dan Pemberi Keputusan)

Barang siapa yang menyimak asma Allah ini sejumlah 70 kali sambil menempatkan tangannya di dada sesudah salat subuh. Maka Allah akan mencuci hatinya dari egoisme, kejahatan, khayalan, amarah dan kotoran.
19. Al – ‘Aliim العليم(Maha Mengetahui)

Dengan menyimak Al-Alim sejumlah 100 kali sesudah salat fardhu. Maka Allah bakal memberikan keterampilan dalam menyaksikan hal-hal tertentu. Bahkan Allah pun akan mengisi hatinya dengan ma’rifatullahi.
20. Al – Qaabidh القابض (Maha Menyempitkan)

Siapa saja yang menyimak asma Allah ini sejumlah 903 kali. Maka orang yang mendzalimi Ada bakal dihancurkan. Sedangkan yang menyebutkan asma allah ini pada empat puluh keping roti sejumlah 40 hari. Maka Allah tidak akan menyerahkan rasa sakit dan diamankan dari luka, lapar dan haus.
21. Al – Baasith الباسط (Maha Melapangkan)
22. Al – Khaafidh الخافض (Maha Merendahkan, Yang Menghinakan Seseorang)
23. Ar – Raafi` الرافع (Maha Meninggikan Derajat Seseorang)
24. Al – Mu`izzu المعز (Maha Memuliakan, Yang Memberikan Kemuliaan)
25. Al – Mudzillu المذل (Maha Menghinakan)
26. Al – Samii’ السميع (Maha Mendengar)
27. Al – Bashiir البصير (Maha Melihat, Yang Maha Melihat Segala Sesuatu)
28. Al – Hakam الحكم (Maha Menetapkan Segala Hukum)
29. Al – ‘Adl العدل (Mah Adil)
30. Al – Lathiif اللطيف (Maha Halus, Maha Lembut, Maha Mengasihi)
31. Al – Khabiir الكبير (Maha Mengetahui)
32. Al – Haliim الحليم (Maha Penyantun)
33. Al – ‘Azhiim العظيم (Maha Agung)
34. Al – Ghafuur الغفور (Maha Pengampun, Maha Mengampuni)
35. Asy – Syakuur الشكور (Maha Mensyukuri)
36. Al – ‘Aliiyy العلى (Maha Tinggi)
37. Al – Kabiir الكبير (Maha Besar)
38. Al – Hafiizh الحفيظ (Maha Pelestari, Maha Memelihara, Maha Melindungi)
39. Al – Muqiit المقيت (Maha Pemelihara, Maha Memberi Rezeki dan Kekuatan)
40. Al – Hasiib الحسيب (Maha Penghitung)
41. Al – Jaliil الجليل (Maha Agung, Maha Tinggi dan Mulia)
42. Al – Kariim الكريم (Maha Dermawan, Maha Pemurah)
43. Ar – Raqiib الرقيب (Maha Mengawasi, Maha Mengamati)
44. Al – Mujiib المجيب (Maha Mengabulkan)
45. Al – Waasi` الواسع (Maha Luas)
46. Al – Hakiim الحكيم (Maha Bijaksana)
47. Al – Waduud الودود (Maha Pecinta)
48. Al – Majiid المجيد (Maha Mulia)
49. Al – Baa’its الباعث (Maha Membangkitkan)
50. Asy – Syahiid الشهيد (Maha Menyaksikan)
51. Al – Haqq الحق (Maha Benar)
52. Al – Wakiil الوكيل (Maha Memelihara, Maha Mencukupi)
53. Al – Qawiyy القوى (Maha Kuat)
54. Al – Matiin المتين (Maha Kukuh, Maha Sempurna Kekuatannya)
55. Al – Waliyy الولى (Maha Melindungi, Maha Menolong dan Mengendalikan)
56. Al – Hamiid الحميد (Maha Terpuji)
57. Al – Muhshiy المحصى (Maha Pencatat, Maha Memperhitungkan Setiap Amalan)
58. Al – Mubdi’u المبدئ (Maha Memulai Segala Sesuatu)
59. Al – Mu`iid المعيد (Maha Mengulangi Kejadian)
60. Al – Muhyii المحيى (Maha Memberi Kehidupan)
61. Al – Mumiit المميت (Maha Mematikan Makhluk-Nya)
62. Al – Hayy الحي (Maha Hidup)
63. Al – Qayyuum القيوم (Maha Mandiri)
64. Al – Waajid الواجد (Maha Kaya)
65. Al – Maajid الماجد (Maha Mulia, Maha Agung dan Tinggi)
66. Al – Waahid الواحد (Maha Esa)
67. Al – Ahad الاحد (Maha Satu)
68. Ash – Shamad الصمد (Maha Dibutuhkan)
69. Al – Qaadir القادر (Maha Kuasa)
70. Al – Muqtadir المقتدر (Maha Menentukan)
71. Al – Muqaddim المقدم(Maha Mendahulukan)
72. Al – Mu’akhkhir المؤخر ( Maha Mengakhirkan)
73. Al – Awwal الأول (Maha Awal, Yang Tidak Berpermulaan)
74. Al – Aakhir الأخر (Maha Akhir)
75. Azh – Zhaahir الظاهر (Maha Nyata)
76. Al – Baathin الباطن (Maha Tersembunyi)
77. Al – Waaliy الوالي (Maha Memerintah, Yang Menguasai Segala Urusan)
78. Al – Muta`aaliy المتعالي (Maha Tinggi)
79. Al – Barr البر (Maha Baik, Maha Kebajikan)
80. At – Tawwaab التواب (Maha Penerima Taubat)
81. Al – Muntaqim المنتقم (Maha Pembalas)
82. Al – `Afuww العفو (Maha Pemaaf, Maha Mengampuni)
83. Ar – Ra’uuf الرؤوف (Maha Pengasih)
84. Maalikul – Mulk مالك الملك (Maha Menguasai Kerajaan)
85. Dzul – Jalaali Wal – Ikraam ذو الجلال و الإكرام (Maha Memiliki Kebesaran dan Kemulian)
86. Al – Muqsith المقسط (Maha Mengadili)
87. Al – Jaami` الجامع (Maha Mengumpulkan)
88. Al – Ghaniiyy الغنى (Maha Kaya)
89. Al – Mughniiy المغنى (Maha Pemberi Kekayaan)
90. Al – Maani` المانع (Maha Mencegah, Maha Menolak)
91. Al – Daharr الضار (Maha Pemberi Bahaya)
92. An – Naafi` النافع (Maha Pemberi Manfaat)
93. An – Nuur النور ( Maha Bercahaya)
94. Al – Haadii الهادئ (Maha Pemberi Petunjuk)
95. Al – Badii` Baadii (Maha Pencipta Yang Baru)
96. Al – Baaqiiy الباقي (Maha Kekal)
97. Al – Waarist الوارث (Maha Mewarisi)
98. Ar – Rasyiid الرشيد (Maha Pandai)
99. Ash – Shabuur الصبور (Maha Penyabar)

Ada tidak sedikit manfaat yang dapat Anda rasakan masing-masing kali menyimak Asmaul Husna. Karena tersebut biasakan mulai sejak ketika ini untuk menyimak dan menghafalkan nama-nama Allah yang agung ini. niscaya anda akan menemukan nikmat dan petunjuk.                        

 

Artikel lainnya »