umroh februari 2019

JAKARTA, Saco-Indonesia.com - Keberhasilan uji coba pembangkit listrik tenaga bayu atau angin di Yogyakarta mendorong pembanguna

JAKARTA, Saco-Indonesia.com - Keberhasilan uji coba pembangkit listrik tenaga bayu atau angin di Yogyakarta mendorong pembangunan pembangkit listrik skala komersial. Pembangkit itu akan dibangun di Pandansimo, Yogyakarta. Untuk itu, kini dilakukan pembebasan tanah.

Hal ini disampaikan Manajer Proyek Wind Hybrid Power Generation (WhyPGen) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Soeripno Martosapoetro, Rabu (8/5/2013), di Jakarta. Proyek yang bertujuan mendorong pemanfaatan energi angin untuk kelistrikan dilaksanakan Balai Besar Teknologi Energi (B2TE) BPPT bekerja sama dengan Program Pembangunan PBB (UNDP) hingga 2015.

Menurut Soeripno, yang juga Ketua Masyarakat Energi Angin Indonesia, di daerah pantai sepanjang 8 km dari Samas hingga Pandansimo akan berdiri 34 unit menara setinggi 100 meter. Total daya yang dibangkitkan mencapai 50 kilowatt. Daya listrik itu nantinya masuk dalam jaringan PLN.

Menurut dia, pembangunan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) oleh UPC Renewable Indonesia yang berpusat di Kanada akan mengandalkan teknologi antara lain dari China dan Amerika Serikat.

Dua tahun terakhir, pertumbuhan industri turbin angin dunia mencapai 200 persen. Peningkatan ini untuk memenuhi kebutuhan pembangunan PLTB yang tahun lalu mencapai 240 gigawatt. Dari jumlah itu, 60 GW dibangkitkan di China. PLTB juga banyak di AS, Spanyol, dan Jerman. Indonesia di urutan ke-119, memiliki 2 megawatt. Dengan adanya PLTB berkapasitas 50 MW, urutan Indonesia akan naik ke posisi 60-70.

”Pemanfaatan energi terbarukani akan terus dikembangkan di Indonesia untuk menekan polusi udara,” kata Kepala Bidang Konversi Energi BPPT Edi Hilmawan. Penerapan PLTB juga diharapkan membuka lapangan kerja, termasuk pembuatan dan pengembangan teknologinya.

Dengan demikian, PLTB menjadi solusi kompetitif dibandingkan pembangkit listrik konvensional, terutama di daerah yang memiliki sumber daya energi lokal melimpah.

Sumber :Kompas Cetak
Editor :Liwon Mmaulana (galipat)

    Sumber Gambar: sxc.hu Perubahan Cuaca Yang tidak stabil merupakan faktor utama yang menyebabkan sistem im

 

 

Sumber Gambar: sxc.huSumber Gambar: sxc.hu

Perubahan Cuaca Yang tidak stabil merupakan faktor utama yang menyebabkan sistem imunitas tubuh manusia melemah, khususnya anak-anak. Memilih makanan yang tepat untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh menjadi jalan kebanyakan orang untuk mengatasi masalah ini.

Seperti dilansir Boldsky dalam Ghiboo.com, ada beberapa jenis makanan yang baik dikonsumsi secara alami untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Di antaranya:

Bawang Putih. Bawang putih membantu sistem imun melawan infeksi bakteri, jamur dan virus. Bawang putih mengandung senyawa, seperti allicin, ajoene dan thiosulfinates yang membantu dalam memerangi infeksi. Tambahkan sedikit bawang putih ke dalam mangkuk sup Anda saat Anda mulai merasakan gejala awal flu. Ini akan membantu Anda cepat pulih.

Barley. Makanan biji-bijian, seperti gandum, oat, beras merah dan barley, mengandung beta- glukan, sejenis serat yang mengandung antioksidan tinggi. Beta glukan memiliki sifat antimikroba dan antioksidan, yang tak hanya membantu menjaga kadar kolesterol, namun juga membantu tubuh menangkal virus influenza, herpes, bahkan infeksi saluran kemih bagi wanita.

Kecambah. Kecambah, tauge atau kacang hijau, mengandung sulforaphane, si agen anti kanker. Mengonsumsi kecambah rutin juga menjadi cara yang baik untuk menurunkan berat badan.

Vitamin C. Makanan kaya vitamin C, seperti jeruk, lemon dan gooseberi, diketahui sangat bermanfaat, di antaranya meningkatkan produksi sel darah putih yang membantu memerangi infeksi. Selain itu, buah-buahan ini juga membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan terkenal mencegah kanker usus besar, prostat dan payudara.

Kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan makanan yang tinggi kandungan seng-nya, yang berguna untuk melepaskan antibodi tubuh guna melawan infeksi dan kanker.

Wortel. Wortel menjadi sumber beta karoten terbaik. Wortel mengandung nutrisi yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan membantu tubuh memproduksi sel T yang dapat membunuh penyakit-penyakit mikroba. Wortel juga mengandung falcarinol, si agen anti kanker.

The bottle Mr. Sokolin famously broke was a 1787 Château Margaux, which was said to have belonged to Thomas Jefferson. Mr. Sokolin had been hoping to sell it for $519,750.

Joseph Lechleider

Mr. Lechleider helped invent DSL technology, which enabled phone companies to offer high-speed web access over their infrastructure of copper wires.

Artikel lainnya »